GOA TERDALAM DI DINUIA "PAPUA IRIAN JAYA"

Kawasan ini merupakan tempat asal sejumlah besar mamalia, burung, tumbuh-tumbuhan dan berbagai tanaman yang hingga kini masih menjadi sasaran penelitian para ilmuan dalam dan luar negeri karena spesies-spesies tersebut hanya bisa dijumpai di Pegunungan Arfak. Salah satu yang menarik adalah adanya enam jenis kupu-kupu sayap burung (Ornithoptera rothschildi) di sana.

Adapun, keberadaan goa tersebut hingga kini belum diketahui secara umum, karena belum pernah dipublikasikan.



Tim ekspedisi Speleologi (ilmu yang mempelajari goa) asal Prancis telah menemukan gua yang diduga sebagai yang terdalam di dunia, di pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari, Irian Jaya Barat.

Ketua tim ekspedisi berkebangsan Prancis, Bruno Thery, dalam laporannya kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari, Jumat lalu (9/7), mengatakan, kedalaman goa itu mencapai 2.000 meter. Dengan kedalaman tersebut, goa ini diduga sebagai yang terdalam di dunia setelah goa Lamprechtsofen-Vogelshacht di Austria (1.632 m), Mirolda/Lucien Bouclier di Prancis (1.610 m), dan Reseau Jean Bernard, juga di Prancis (1.602 m).

Sebelumnya, Tim Speleologi yang menamakan dirinya ekspedisi Irian 1993 pernah melakukan empat ekspedisi pencarian goa di daerah Merdey, Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni tahun 1988 dan 1989, namun tidak menemukan apa yang mereka cari.

Ekspedisi pada waktu itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti hasil foto satelit, yang menunjukkan bahwa di Pegunungan Lina terdapat goa alam dengan garis tengah puluhan meter dan kedalaman mencapai 2.000 meter.

Kegagalan di atas kemudian justru menjadi tantangan karena tahun 1991 tim ekspedisi kembali melakukan penelitian di Daerah Ransiki, Mamei dan Isim. Namun mereka hanya menemukan lobang kecil. Baru tahun 1994, ekspedisi menemukan goa dalam yang dinilai sangat cocok dijadikan obyek penelitian dan pariwisata.

Hasil temuan tersebut dipromosikan ke penjuru dunia khususnya Eropa dan Amerika, karena olahraga caving (menelusuri goa) sangat disukai masyarakat di sana. Tim ekspedisi Bruno Thery juga berniat mengembangkan olahraga penelusuran goa, khususnya di wilayah Kepala Burung, Irian Jaya Barat, karena wilayah itu memiliki hutan dan alam yang masih murni, bahkan kaya dengan goa alam yang penuh misteri.

Selain goa terdalam di dunia, di Papua ditemukan pula goa tempat berkembang biak puluhan jenis kelelawar di Cagar Alam Pegunungan Arfak. Goa yang panjangnya sekitar 900 meter ini ditemukan oleh tim dari WWF.

Kawasan Cagar Alam Pegunungan Arfak sendiri meliputi areal seluas 65.300 hektar, dan merupakan tempat koleksi biologi pertama di Tanah Papua yang dikembangkan peneliti Eropa Lesson, Beccari dan Albertis pada tahun 1824-1827 dan 1872-1875.

Related Posts:



Sample 2 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno) “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput).

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]